Rabu, 30 November 2016

Contoh FORMAT ANALISIS BUKU GURU


Pada Format Analisis Buku Guru  memiliki tujuan, yaitu Melalui kegiatan analisis buku guru, peserta dapat memahami strategi penggunaan buku guru pada perencanaan,   pelaksanaan dan evaluasi  pembelajaran

Berikut sekilas contohnya. Link download ada di bawah :


Format Analisis Buku Guru
Judul buku:
Buku Guru Kelas IX
Jenjang:
SMP
Kelas:
IX
Topik/Judul Bab:
Modernisasi dan perubahan sosial budaya dalam pembangunan
Aspek yang dianalisis
Deskripsi pada  buku
Halaman
Tindak lanjut hasil analisis
A.  Kesesuaian dengan kompetensi dasar
-     Pengantar
Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. apat dipergunakan untuk
meningkatkan kompetensi siswa
iii
Sudah sesuai
-     Indikator Pencapaian Kompetensi
Memiliki rasa tanggung jawab, peduli, dan percaya diri dalam mengembangkan kelestarian lingkungan sebagai akibat dari
modernsiasi.
212
Perlu ditindaklanjuti
-     Alokasi Waktu
18 JP
210
Sudah sesuai
-     Cakupan Materi Pembelajaran/ Materi Esensial
a.Pengaruh Positif Modernisasi
b.Pengaruh Negatif Modernisasi
211
Sudah sesuai
B.  Kesesuaian dengan pendekatan saintifik
Kegiatan/Langkah  Pembelajaran
Guru menginformasi dan membahas tugas untuk mengamati berbagai bentuk perubahan sosial-budaya yang terjadi di masyarakat.
212
Sesuai
C.  Kesesuaian dengan model  pembelajaran


-     Kegiatan/Langkah  Pembelajaran
Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
212
Sesuai
D.  Kesesuaian dengan penilaian autentik
1.      Penilaian Sikap
-     Observasi
Sikap dan perilaku keseharian siswa direkam melalui pengamatan dengan
menggunakan format yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati, baik yang terkait dengan mata pelajaran maupun secara umum.
23
Sesuai  dan perlu ditindaklanjuti
-     Penilaian Diri
Penilaian diri digunakan untuk memberikan penguatan (reinforcement)
terhadap kemajuan proses belajar siswa. Penilaian diri berperan penting bersamaan dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru ke siswa yang didasarkan pada konsep belajar mandiri (autonomous learning).
24
Sesuai
-     Penilaian Teman Sejawat
Penilaian teman sebaya atau antarsiswa merupakan teknik penilaian dengan cara meminta siswa untuk saling menilai terkait dengan pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan antarsiswa. penilaian teman sebaya dilakukan oleh siswa terhadap 3 (tiga) teman sekelas atau sebaliknya.
24
sesuai
-     Penilaian Jurnal

Jurnal merupakan kumpulan rekaman catatan guru dan/atau tenaga
kependidikan di lingkungan sekolah tentang sikap dan perilaku positif atau
negatif, selama dan di luar proses pembelajaran mata pelajaran.
25
sesuai
2.     Penilaian  Pengetahuan
-     Tes Tertulis


a) Memilih jawaban
Memilih jawaban dapat berupa: (1) pilihan ganda, (2) dua pilihan (benarsalah,
ya-tidak), (3) menjodohkan, (4) sebab-akibat
26
sesuai
-     Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Teknik ini adalah cerminan
dari penilaian autentik.
26
sesuai
-     Penugasan
Instrumen penugasan berupa pekerjaan rumah dan/atau projek yang
dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai dengan karakteristik tugas.
27
sesuai
3.     Penilaian  Keterampilan
-     Unjuk kerja/kinerja/praktik
Penilaian ini cocok digunakan untuk menilai ketercapaian kompetensi yang menuntut siswa melakukan tugas tertentu seperti: praktikum di laboratorium, praktik ibadah, praktik olahraga,
presentasi, bermain peran, memainkan alat musik, bernyanyi, dan membaca
puisi/deklamasi.
27
sesuai
-     Projek
Penilaian produk meliputi penilaian kemampuan siswa membuat produkproduk,
teknologi, dan seni.
29
Sesuai


FILE BISA DI DOWNLOAD DI BAWAH

SEMOGA MEMBANTU :D

Tidak ada komentar :

Posting Komentar