Pada Format Analisis Buku Guru memiliki tujuan, yaitu Melalui kegiatan analisis buku guru, peserta dapat memahami strategi penggunaan buku guru pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran
Berikut sekilas contohnya. Link download ada di bawah :
Format Analisis Buku Guru
Judul buku:
|
Buku Guru Kelas IX
|
Jenjang:
|
SMP
|
Kelas:
|
IX
|
Topik/Judul Bab:
|
Modernisasi
dan perubahan sosial budaya dalam pembangunan
|
Aspek yang dianalisis
|
Deskripsi pada buku
|
Halaman
|
Tindak lanjut hasil analisis
|
A.
Kesesuaian dengan kompetensi
dasar
|
|||
- Pengantar
|
Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi
siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. apat
dipergunakan untuk
meningkatkan kompetensi siswa
|
iii
|
|
- Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Memiliki rasa tanggung jawab, peduli, dan percaya diri
dalam mengembangkan kelestarian lingkungan
sebagai akibat dari
modernsiasi.
|
212
|
Perlu ditindaklanjuti
|
- Alokasi Waktu
|
18 JP
|
210
|
Sudah sesuai
|
- Cakupan Materi
Pembelajaran/ Materi Esensial
|
a.Pengaruh Positif Modernisasi
b.Pengaruh Negatif Modernisasi
|
211
|
Sudah sesuai
|
B.
Kesesuaian dengan
pendekatan saintifik
|
|||
Kegiatan/Langkah Pembelajaran
|
Guru menginformasi dan membahas tugas untuk mengamati
berbagai bentuk perubahan sosial-budaya yang terjadi di masyarakat.
|
212
|
Sesuai
|
C.
Kesesuaian dengan
model pembelajaran
|
|||
- Kegiatan/Langkah Pembelajaran
|
Discovery learning, Problem Based
Learning (PBL)
|
212
|
Sesuai
|
D.
Kesesuaian dengan
penilaian autentik
|
|||
1.
Penilaian Sikap
|
|||
- Observasi
|
Sikap dan perilaku keseharian siswa direkam melalui
pengamatan dengan
menggunakan format yang berisi sejumlah indikator
perilaku yang diamati, baik yang terkait dengan mata pelajaran maupun secara
umum.
|
23
|
Sesuai dan perlu
ditindaklanjuti
|
- Penilaian Diri
|
Penilaian diri digunakan untuk
memberikan penguatan (reinforcement)
terhadap kemajuan proses belajar
siswa. Penilaian diri berperan penting bersamaan dengan bergesernya pusat
pembelajaran dari guru ke siswa yang didasarkan pada konsep belajar mandiri (autonomous
learning).
|
24
|
Sesuai
|
-
Penilaian Teman Sejawat
|
Penilaian teman sebaya atau antarsiswa merupakan teknik
penilaian dengan cara meminta siswa untuk saling menilai terkait dengan
pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan
antarsiswa. penilaian teman sebaya dilakukan oleh siswa terhadap 3 (tiga)
teman sekelas atau sebaliknya.
|
24
|
sesuai
|
- Penilaian Jurnal
|
Jurnal merupakan kumpulan rekaman catatan guru dan/atau
tenaga
kependidikan di lingkungan sekolah tentang sikap dan
perilaku positif atau
negatif, selama dan di luar proses pembelajaran mata pelajaran.
|
25
|
sesuai
|
2.
Penilaian Pengetahuan
|
|||
- Tes Tertulis
|
a) Memilih jawaban
Memilih jawaban dapat berupa: (1) pilihan ganda, (2) dua
pilihan (benarsalah,
ya-tidak), (3) menjodohkan, (4) sebab-akibat
|
26
|
sesuai
|
- Observasi
Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
|
Teknik ini adalah cerminan
dari penilaian autentik.
|
26
|
sesuai
|
- Penugasan
|
Instrumen penugasan berupa pekerjaan rumah dan/atau
projek yang
dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai dengan karakteristik
tugas.
|
27
|
sesuai
|
3.
Penilaian Keterampilan
|
|||
- Unjuk
kerja/kinerja/praktik
|
Penilaian ini cocok digunakan untuk menilai ketercapaian
kompetensi yang menuntut siswa melakukan tugas tertentu seperti: praktikum di
laboratorium, praktik ibadah, praktik olahraga,
presentasi, bermain peran, memainkan alat musik,
bernyanyi, dan membaca
puisi/deklamasi.
|
27
|
sesuai
|
- Projek
|
Penilaian produk meliputi penilaian kemampuan siswa
membuat produkproduk,
teknologi, dan seni.
|
29
|
Sesuai
|
FILE BISA DI DOWNLOAD DI BAWAH
SEMOGA MEMBANTU :D
Tidak ada komentar :
Posting Komentar