Rabu, 30 November 2016

Format Analisis Buku Siswa




Analisis buku siswa merupakan penilaian pada proses pembelajaran siswa.
Analisis buku siswa mempunyai tujuan, yaitu Melalui kegiatan analisis buku siswa, peserta dapat mengidentifikasi kesesuaian isi buku  dengan  SKL, KI, dan KD, kecukupan dan kedalaman materi,   pendekatan saintifik, penilaian autentik dan konteks lokal untuk menentukan tindak lanjut  dalam penggunaaan buku pada proses pembelajaran.


Berikut contoh format analisis buku siswa.
Link download ada di bawah :

Format Analisis Buku Siswa
Judul buku:
  ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Jenjang:
  SMP
Kelas:
  IX
Topik/Judul Bab:
 MODERNISASI DAN PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA /    Perubahan Sosial Budaya sebagai Pengaruh Modernisasi

Aspek yang dianalisis
Deskripsi pada buku
Halaman
Tindak lanjut hasil analisis
Kesesuaian isi buku  dengan  SKL
-      Dimensi Sikap
Tata nilai yang terdapat dalam masyarakat berkaitan pula
dengan sikap masyarakat tersebut. Tata nilai dan sikap masyarakat tradisional
berbeda dengan tata nilai dan sikap masyarakat modern.
221
Masyarakat perlu introspeksi diri dalam hal sikap di era modernisasi
-      Dimensi Pengetahuan
Modernisasi berkaitan erat dengan perkembangan dalam bidang
teknologi dan ilmu pengetahuan. Perkembangan ilmu pengetahuan yang cepat
membawa perubahan yang cepat pula dalam bidang teknologi.

223
Sudah sesuai
-      Dimensi Keterampilan
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai bidang kehidupan membawa pengaruh
positif dalam masyarakat. Dalam bidang pertanian, misalnya, perkembangan
teknologi yang diterapkan mampu meningkatkan hasil produksi pertanian.
224
Meningkatnya Efektivitas dan Efisiensi
Kesesuaian isi buku dengan KI
KI 1
Keragaman dalam bidang keagamaan diindonesia menunjukkan bahwa bangsa indonesia adalah bangsa yang religius. Sikap religius telah dimiliki oleh bangsa indonesia sejak zaman dahulu.
219
Sudah sesuai di kehidupan masyarakat Indonesia.
KI 2
Sudahkah kamu melakukan kegiatan di atas? Berdasarkan kegiatan tersebut, diketahui bahwa tata nilai dan sikap yang berubah dari masyarakat dalam era modern di antaranya adalah pola pikir masyarakat yang makin logis dan rasional, pengambilan keputusan mulai menggunakan akal sehat, mulai meninggalkan perilaku yang berbau mistik dan takhayul.
222
Sudah sesuai
KI 3
Modernisasi membawa masyarakat pendukungnya untuk melakukan penyesuaian terhadap perubahan. Hal ini dapat dilihat dari minat masyarakat terhadap
ilmu pengetahuan yang makin besar.
223
Modernisasi dapat meingkatkan ilmu pengetahuan
KI 4
Efektivitas dapat diartikan sebagai pengukuran keberhasilan dalam
pencapaian tujuan yang telah diinginkan. Sesuatu yang telah berhasil dikerjakan
dengan cara yang tepat dan sesuai dengan yang diinginkan disebut efektif.
225
Aktifitas kelompok
Kesesuaian isi buku dengan KD
KD dari KI 1
Mensyukuri karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia.
217
Aktifitas kelompok
KD dari KI 2
Memiliki rasa tanggung jawab, peduli dan percaya diri dalam mengembangkan pola hidup sehat, kelestarian lingkungan fisik, budaya dan peningkatan berharga di masyarakat.
218
Perlu pembinaan pada siswa
KD dari KI 3
Membandingkan landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi.
219
Perlu penerapan dimasyarakat
KD dari KI 4
Mengobservasi dan menyajikan bentu-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.
220
Aktivitas kelompok
Kesesuaian isi buku dengan Pendekatan Saintifik
 Mengamati
Gambar / video tentang proses perubahan sosial, budaya dalam masyarakat.
219
Sudah sesuai
Menanya
Tentang proses perubahan sosial budaya dalam masyarakat.
219
Menanya kondisi apa yang dapat dilihat keadaan Indonesia sebelum merdeka sampai menjadi negara berkembang.
Mengumpulkan Informasi
Mengumpulkan informasi/data dari berbagai sumber tentang proses perubahan sosial budaya dalam masyarakat
221
Sudah sesuai
Mengasosiasi
Menganalisis dan menyimpulkan data/informasi tentang proses perubahan sosial budaya dalam masyarakat
226
Aktivitas kelompok
Mengomunikasikan
Mempresentasikan hasil simpulan tentang proses perubahan sosial budaya dalam masyarakat
227
Aktivitas individu
Kesesuaian isi buku dengan Penilaian Autentik
Penilaian Sikap
Sikap Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial rasa ingin tahu, tanggung jawab, peduli) dengan mengguna-kan rubrik

227
Aktivitas kelompok
Penilaian Pengetahuan
Pengetahuan Tes Tertulis dan lisan tentang perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan sosial budaya
227
Aktivitas kelompok
Penilaian Keterampilan
Keterampil-an Unjuk Kerja/ Praktik Menilai proses pembelajaran   (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan/presentasi)
228
Aktivitas Kelompok dan presentasikan
Kesesuaian isi buku konteks lokal
Budaya/ Sosial /Kewirausahaan/ Sumber Daya Alam/ Teknologi/Lingkungan*)
Teknologi tidak dapat dilepaskan dari aktivitas kehidupan manusia.
Sejak zaman dahulu, manusia telah menggunakan teknologi dalam berbagai aktivitas kehidupannya. Diawali dengan penggunaan teknologi sederhana
seperti kapak untuk menebang pohon atau gerobak untuk mengangkut barang. Kemudian, manusia mengembangkan teknologi tersebut dengan menciptakan teknologi yang lebih maju seperti gergaji mesin untuk menebang pohon dan truk bermesin diesel untuk mengangkut barang.
206


Rekomendasi Tindak Lanjut hasil Analisis:
Menunjukkan gambar tentang teknologi sederhana, teknologi menengah dan teknologi canggih.



Catatan:
*)  dipilih sesuai dengan teks/isi bagian buku yang dianalisis


 SILAHKAN DOWNLOAD.

Download Format Analisis Buku Siswa

Tidak ada komentar :

Posting Komentar