Analisis buku siswa merupakan penilaian pada proses pembelajaran siswa.
Analisis buku siswa mempunyai tujuan, yaitu Melalui kegiatan analisis buku siswa, peserta dapat
mengidentifikasi kesesuaian isi buku dengan
SKL, KI, dan KD, kecukupan dan kedalaman materi, pendekatan saintifik, penilaian autentik dan
konteks lokal untuk menentukan tindak lanjut dalam penggunaaan buku pada proses
pembelajaran.
Berikut contoh format analisis buku siswa.
Link download ada di bawah :
Format Analisis Buku Siswa
Judul buku:
|
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
|
Jenjang:
|
SMP
|
Kelas:
|
IX
|
Topik/Judul Bab:
|
MODERNISASI DAN PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA / Perubahan Sosial Budaya sebagai Pengaruh Modernisasi
|
Aspek yang dianalisis
|
Deskripsi pada buku
|
Halaman
|
Tindak lanjut hasil analisis
|
Kesesuaian isi buku dengan
SKL
|
|||
-
Dimensi Sikap
|
Tata nilai yang terdapat dalam masyarakat berkaitan pula
dengan sikap masyarakat tersebut. Tata nilai dan sikap masyarakat
tradisional
berbeda dengan tata
nilai dan sikap masyarakat modern.
|
221
|
Masyarakat perlu introspeksi diri dalam hal sikap di era modernisasi
|
-
Dimensi Pengetahuan
|
Modernisasi berkaitan erat dengan perkembangan dalam bidang
teknologi dan ilmu pengetahuan. Perkembangan ilmu pengetahuan yang cepat
membawa perubahan
yang cepat pula dalam bidang teknologi.
|
223
|
Sudah sesuai
|
-
Dimensi Keterampilan
|
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai bidang kehidupan
membawa pengaruh
positif dalam masyarakat. Dalam bidang pertanian, misalnya, perkembangan
teknologi yang
diterapkan mampu meningkatkan hasil produksi pertanian.
|
224
|
Meningkatnya Efektivitas dan
Efisiensi
|
Kesesuaian isi buku dengan KI
|
|||
KI 1
|
Keragaman dalam bidang keagamaan diindonesia menunjukkan bahwa bangsa
indonesia adalah bangsa yang religius. Sikap religius telah dimiliki oleh
bangsa indonesia sejak zaman dahulu.
|
219
|
Sudah sesuai di kehidupan masyarakat Indonesia.
|
KI 2
|
Sudahkah kamu melakukan kegiatan di atas? Berdasarkan kegiatan tersebut,
diketahui bahwa tata nilai dan sikap yang berubah dari masyarakat dalam era
modern di antaranya adalah pola pikir masyarakat yang makin logis dan
rasional, pengambilan keputusan mulai menggunakan akal sehat, mulai meninggalkan
perilaku yang berbau mistik dan takhayul.
|
222
|
Sudah sesuai
|
KI 3
|
Modernisasi membawa masyarakat pendukungnya untuk melakukan penyesuaian terhadap
perubahan. Hal ini dapat dilihat dari minat masyarakat terhadap
ilmu pengetahuan yang
makin besar.
|
223
|
Modernisasi dapat meingkatkan ilmu pengetahuan
|
KI 4
|
Efektivitas dapat diartikan sebagai pengukuran keberhasilan dalam
pencapaian tujuan yang telah diinginkan. Sesuatu yang telah berhasil
dikerjakan
dengan cara yang
tepat dan sesuai dengan yang diinginkan disebut efektif.
|
225
|
Aktifitas kelompok
|
Kesesuaian isi buku dengan KD
|
|||
KD dari KI 1
|
Mensyukuri karunia Tuhan YME yang telah
memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia.
|
217
|
Aktifitas kelompok
|
KD dari KI 2
|
Memiliki rasa tanggung jawab, peduli dan percaya diri dalam mengembangkan
pola hidup sehat, kelestarian lingkungan fisik, budaya dan peningkatan
berharga di masyarakat.
|
218
|
Perlu pembinaan pada siswa
|
KD dari KI 3
|
Membandingkan landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan
alam, sosial, budaya dan ekonomi.
|
219
|
Perlu penerapan dimasyarakat
|
KD dari KI 4
|
Mengobservasi dan menyajikan bentu-bentuk dinamika interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat
sekitar.
|
220
|
Aktivitas kelompok
|
Kesesuaian isi buku dengan Pendekatan Saintifik
|
|||
Mengamati
|
Gambar / video tentang proses perubahan sosial, budaya dalam masyarakat.
|
219
|
Sudah sesuai
|
Menanya
|
Tentang proses perubahan sosial budaya dalam masyarakat.
|
219
|
Menanya kondisi apa yang dapat dilihat keadaan Indonesia sebelum merdeka
sampai menjadi negara berkembang.
|
Mengumpulkan Informasi
|
Mengumpulkan informasi/data dari berbagai sumber tentang
proses perubahan sosial budaya dalam masyarakat
|
221
|
Sudah sesuai
|
Mengasosiasi
|
Menganalisis dan menyimpulkan data/informasi tentang proses
perubahan sosial budaya dalam masyarakat
|
226
|
Aktivitas kelompok
|
Mengomunikasikan
|
Mempresentasikan hasil simpulan tentang proses perubahan
sosial budaya dalam masyarakat
|
227
|
Aktivitas individu
|
Kesesuaian isi buku dengan Penilaian Autentik
|
|||
Penilaian Sikap
|
Sikap Observasi
tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial rasa ingin
tahu, tanggung jawab, peduli) dengan mengguna-kan rubrik
|
227
|
Aktivitas kelompok
|
Penilaian Pengetahuan
|
Pengetahuan Tes Tertulis dan lisan tentang perilaku
masyarakat dalam menyikapi perubahan sosial budaya
|
227
|
Aktivitas kelompok
|
Penilaian Keterampilan
|
Keterampil-an Unjuk Kerja/ Praktik Menilai proses
pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
eksplorasi: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan
laporan/presentasi)
|
228
|
Aktivitas Kelompok dan presentasikan
|
Kesesuaian isi buku konteks lokal
|
|||
Budaya/ Sosial
/Kewirausahaan/ Sumber Daya Alam/ Teknologi/Lingkungan*)
|
Teknologi tidak dapat dilepaskan dari aktivitas kehidupan manusia.
Sejak zaman dahulu, manusia telah menggunakan teknologi dalam berbagai
aktivitas kehidupannya. Diawali dengan penggunaan teknologi sederhana
seperti kapak untuk menebang pohon atau gerobak untuk mengangkut barang.
Kemudian, manusia mengembangkan teknologi tersebut dengan menciptakan teknologi
yang lebih maju seperti gergaji mesin untuk menebang pohon dan truk bermesin
diesel untuk mengangkut barang.
|
206
|
Rekomendasi Tindak Lanjut
hasil Analisis:
Menunjukkan gambar tentang
teknologi sederhana, teknologi menengah dan teknologi canggih.
|
Catatan:
*) dipilih sesuai dengan teks/isi bagian buku
yang dianalisis
SILAHKAN DOWNLOAD.
Download Format Analisis Buku Siswa
Tidak ada komentar :
Posting Komentar