Berikut contoh Perancangan Penilaian
Dalam Pembelajaran Kimia, anda bisa mendownloadnya dibawah..
Perancangan Penilaian
Dalam Pembelajaran Kimia
Tujuan Kegiatan:
Melalui kegiatan ini
diharapkan peserta mampu merancang instrument penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan dalam
pembelajajaran Kimia.
Langkah Kegiatan :
1.
Cermati contoh-contoh pengembangan
instrument penilaian kompetensi sikap,
pengetahuan dan keterampilan serta lembar kerja perancangan instrumen penilaian, diskusikan dalam kelompok !
2.
Pilihlah satu subtopik/submateri/subtema untuk dari satu KD, sebaiknya dipilih sesuai
dengan subtopik/submateri/subtema
yang telah dibahas
oleh kelompok Anda
sebelumnya
3.
Rancanglah contoh
intrumen penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan pada
format untuk masing-masing bentuk penilaian.
4.
Presentasikan hasil kerja kelompok Anda
5.
Perbaiki rancangan instrument penilaian jika ada saran atau usulan perbaikan
1. Instrumen
Penilaian Kompetensi Sikap
a. Penilaian
Kompetensi Sikap Melalui
Observasi
Penilaian Sikap
Kegiatan Praktikum/Diskusi
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu IPS
|
Kelas/Semester
|
:
|
9/Genap
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mensyukuri
karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia
untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Perubahan Sosial-Budaya sebagai
Pengaruh Modernisasi
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan YME
karena modernisasi yang berlangsung telah membawa perubahan sosial-budaya dan
kemudahan dalam berbagai bidang kehidupan bagi bangsa Indonesia.
|
Instrumen: Tes lisan dan
menghafal ayat-ayat suci Al-Qur’an
|
b. Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri
Mata Pelajaran
|
:
|
IPS
|
Kelas/Semester
|
:
|
GENAP
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Memiliki rasa tanggung jawab, peduli,
percaya diri dalam
mengembangkan pola hidup sehat,
kelestarian lingkungan fisik,
budaya,
dan peninggalan berharga di masyarakat
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Perubahan Sosial-Budaya sebagai
Pengaruh Modernisasi
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
Menunjukkan
perilaku ilmiah dengan mensyukuri adanya perubahan sosial-budaya yang dapat
memperbaiki kehidupan manusia sebagai penduduk Indonesia.
|
Instrumen: Tes Tulis
berbentuk uraian
|
c.
Penilaian
Antar Peserta Didik
Mata Pelajaran
|
:
|
IPS
|
Kelas/Semester
|
:
|
GENAP
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Memiliki rasa tanggung jawab, peduli,
percaya diri dalam mengembangkan pola hidup sehat, kelestarian lingkungan
fisik, budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat.
|
Indikator
|
:
|
Memiliki rasa tanggung jawab, peduli, dan
percaya diri dalam mengembangkan kelestarian lingkungan sebagai akibat dari modernsiasi
|
Instrumen: Diskusi kelompok
dan presentasi
|
d. Penilaian Sikap melaluiJurnal
Mata Pelajaran
|
:
|
IPS
|
Kelas/Semester
|
:
|
GENAP
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Membandingkan landasan dari dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
|
indikator
|
:
|
Mengidentifikasi berbagai perubahan sosial
sebagai akibat dari modernsiasi
|
Instrumen: Rubrik
pengamatan, menganalisa dan mengobservasi
|
2. Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan
a.
Tes Tulis
1) Soal Pilihan Ganda
Mata Pelajaran
|
:
|
IPS
|
Kelas/Semester
|
:
|
GENAP
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Membandingkan
landasan dari dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan
alam, sosial, budaya dan ekonomi
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Perubahan Sosial-Budaya sebagai Pengaruh Modernisasi
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
Menjelaskan
dampak positif perubahan sosial-budaya dalam
masyarakat
sebagai pengaruh dari modernisasi
|
Instrumen: Tes tulis dan tes
lisan
|
2) Soal Uraian
Mata Pelajaran
|
:
|
IPS
|
Kelas/Semester
|
:
|
GENAP
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Merumuskan alternatif tindakan nyata dan
melaksanakannya sebagai bentuk partisipasi dalam mengatasi masalah lingkungan
alam,
sosial, budaya dan ekonomi sebagai akibat adanya interaksi manusia
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Perubahan Sosial-Budaya sebagai Pengaruh Modernisasi
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
Menganalisis
dampak negatif perubahan sosial-budaya dalam masyarakat sebagai pengaruh dari
modernisasi
|
Instrumen: Study tour,
gerakan melestarikan hutan dan memanfaatkan air dengan sebaik-baiknya.
|
|
Rubrik penilaian ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil rancangan instrument penilaian kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan dan
kompetensi keterampilan. Pada penilaian kompeteni sikap peserta ditugaskan dalam kelompoknya membuat
instrument observasi, penilaian sikap melalui penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan penilaian sikap melalui jurnal. Pada penilaian pengetahuan peserta
ditugaskan membuat intrumen tes tertulis (Pilihan Ganda dan Uraian), observasi diskusi, tanya jawab dan percakapan dan penugasan, sedangkan pada
penilaian kompetensi keterampilan peserta
ditugaskan membuat instrument penilaian praktik,
proyek dan produk dan portofolio.
Langkah-langkah penilaian
- Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK 3.3!
2.
Berikan nilai pada hasil
kerja peserta pelatihan sesuai dengan penilaian Anda terhadap produk tersebut
menggunakan criteria penilaian nilai sebagai berikut
Penilaian Kompetensi Sikap
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat Baik
( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
1. Terdapat identitas instrumen
: KD, topik, sub topic dengan lengkap
2. Terdapat indikator yang dirumuskan dengan benar
3. Terdapa tempat bentuk
instrument penilaian kompetensi sikap
4. Seluruh instrument penilaian
dibuat sesuai criteria pengembangannya
|
Baik (B)
|
80 < B ≤ 90
|
Ada 3 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang sesuai
|
Cukup (C)
|
70 <
C ≤ 80
|
Ada 2 aspek sesuai
dengan kriteria, 2 aspek kurang sesuai
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
Ada 1 aspek sesuai
dengan kriteria, 3 aspek kurang sesuai
|
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat Baik
( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
1. Terdapat identitas instrumen
: KD, topik, sub topic dengan lengkap
2. Terdapat indikator yang dirumuskan dengan benar
3. Terdapat tiga bentuk instrument penilaian kompetensi pengetahuan
4. Seluruh instrument penilaian
dibuat sesuai criteria pengembangannya
|
Baik (B)
|
80 < B ≤ 90
|
Ada 3 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang sesuai
|
Cukup (C)
|
70 <
C ≤ 80
|
Ada 2 aspek sesuai
dengan kriteria, 2 aspek kurang sesuai
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
Ada 1 aspek sesuai
dengan kriteria, 3 aspe kurang sesuai
|
PenilaianKompetensi Keterampilan
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat Baik
( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
1.
Terdapat identitas instrumen : KD, topik, sub topic dengan lengkap
2.
Terdapat indikator
yang dirumuskan dengan benar
3.
Terdapat empat bentuk instrument penilaian kompetensi keterampilan
4.
Seluruh instrument penilaian dibuat sesuai criteria pengembangannya
|
Baik (B)
|
80 < B ≤ 90
|
Ada 3 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang sesuai
|
Cukup (C)
|
70 <
C ≤ 80
|
Ada 2 aspek sesuai
dengan kriteria, 2 aspek kurang sesuai
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
Ada 1 aspek sesuai
dengan kriteria, 3 aspek kurang sesuai
|
>>>>>>>DOWNLOAD FILENYA DISINI<<<<<<
Tidak ada komentar :
Posting Komentar