Selasa, 29 November 2016

Contoh Format Perancangan Penilaian Dalam Pembelajaran Kimia



 Berikut contoh  Perancangan Penilaian Dalam Pembelajaran Kimia, anda bisa mendownloadnya dibawah..

Perancangan Penilaian Dalam Pembelajaran Kimia
Tujuan Kegiatan:   Melalui kegiatan ini diharapkan  peserta mampu merancang instrument penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajajaran Kimia.

Langkah Kegiatan  :
1.      Cermati contoh-contoh pengembangan instrument penilaian kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan serta lembar kerja perancangan  instrumen penilaian, diskusikan dalam kelompok !
2.      Pilihlah satu subtopik/submateri/subtema untuk dari satu KD, sebaiknya dipilih sesuai dengan subtopik/submateri/subtema yang telah dibahas oleh kelompok Anda sebelumnya
3.      Rancanglah contoh  intrumen   penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan pada format untuk masing-masing bentuk penilaian.
4.      Presentasikan hasil kerja kelompok Anda
5.      Perbaiki rancangan instrument penilaian jika ada saran atau usulan perbaikan

1.  Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap

a.       Penilaian  Kompetensi  Sikap  Melalui  Observasi
Penilaian  Sikap Kegiatan Praktikum/Diskusi

Mata Pelajaran       
:
Ilmu IPS
Kelas/Semester      
:
9/Genap
Kompetensi Dasar 
:          
Mensyukuri karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik
Topik/Subtopik
:
Perubahan Sosial-Budaya sebagai
Pengaruh Modernisasi
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan YME karena modernisasi yang berlangsung telah membawa perubahan sosial-budaya dan kemudahan dalam berbagai bidang kehidupan bagi bangsa Indonesia.
               
Instrumen: Tes lisan dan menghafal ayat-ayat suci Al-Qur’an
                                          


                                           
b.      Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri

Mata Pelajaran       
:
IPS
Kelas/Semester      
:
GENAP
Kompetensi Dasar 
:
Memiliki rasa tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam
mengembangkan pola hidup sehat, kelestarian lingkungan fisik,
budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat
Topik/Subtopik
:
Perubahan Sosial-Budaya sebagai
Pengaruh Modernisasi
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
Menunjukkan perilaku ilmiah dengan mensyukuri adanya perubahan sosial-budaya yang dapat memperbaiki kehidupan manusia sebagai penduduk Indonesia.
               
Instrumen: Tes Tulis berbentuk uraian




c.       Penilaian Antar Peserta Didik

Mata Pelajaran       
:
IPS
Kelas/Semester      
:
GENAP
Kompetensi Dasar 
:
Memiliki rasa tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam mengembangkan pola hidup sehat, kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat.
Indikator
:
Memiliki rasa tanggung jawab, peduli, dan percaya diri dalam mengembangkan kelestarian lingkungan sebagai akibat dari modernsiasi

Instrumen: Diskusi kelompok dan presentasi




d.  Penilaian Sikap melaluiJurnal

Mata Pelajaran       
:
IPS
Kelas/Semester      
:
GENAP
Kompetensi Dasar 
:
Membandingkan landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
indikator
:
Mengidentifikasi berbagai perubahan sosial sebagai akibat dari modernsiasi

Instrumen: Rubrik pengamatan, menganalisa dan mengobservasi









2.  Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan
a.    Tes Tulis
1)      Soal Pilihan Ganda

Mata Pelajaran       
:
IPS
Kelas/Semester      
:
GENAP
Kompetensi Dasar 
:
Membandingkan landasan dari dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
Topik/Subtopik
:
Perubahan Sosial-Budaya sebagai Pengaruh Modernisasi
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
Menjelaskan dampak positif perubahan sosial-budaya dalam
masyarakat sebagai pengaruh dari modernisasi
               
Instrumen: Tes tulis dan tes lisan             



2)      Soal Uraian

Mata Pelajaran       
:
IPS
Kelas/Semester      
:
GENAP
Kompetensi Dasar 
:
Merumuskan alternatif tindakan nyata dan melaksanakannya sebagai bentuk partisipasi dalam mengatasi masalah lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi sebagai akibat adanya interaksi manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Topik/Subtopik
:
Perubahan Sosial-Budaya sebagai Pengaruh Modernisasi
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
Menganalisis dampak negatif perubahan sosial-budaya dalam masyarakat sebagai pengaruh dari modernisasi

Instrumen: Study tour, gerakan melestarikan hutan dan memanfaatkan air dengan sebaik-baiknya.                                 




R- 3.3
 
Rubrik Perancangan Penilaian dalam Pembelajaran Kimia
Rubrik penilaian ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil rancangan instrument penilaian kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan. Pada penilaian kompeteni sikap peserta ditugaskan dalam kelompoknya membuat instrument observasi, penilaian sikap melalui penilaian diri, penilaian antar peserta didik dan penilaian sikap melalui jurnal. Pada penilaian pengetahuan peserta ditugaskan membuat intrumen tes tertulis (Pilihan Ganda dan Uraian), observasi diskusi, tanya jawab dan percakapan dan penugasan, sedangkan pada penilaian kompetensi keterampilan peserta ditugaskan membuat instrument penilaian praktik, proyek dan produk dan portofolio.
Langkah-langkah penilaian
  1. Cermati   tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK 3.3!
2.       Berikan nilai pada hasil kerja peserta pelatihan sesuai dengan penilaian Anda terhadap  produk tersebut menggunakan criteria penilaian nilai sebagai berikut
Penilaian Kompetensi Sikap
PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik
( AB)
 90 < AB ≤ 100
1.     Terdapat identitas instrumen :  KD, topik, sub topic dengan lengkap
2.     Terdapat indikator   yang dirumuskan dengan benar
3.     Terdapa tempat bentuk instrument penilaian kompetensi sikap
4.     Seluruh instrument penilaian dibuat sesuai criteria pengembangannya
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Ada 3 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang sesuai
Cukup (C)
70 < C  ≤ 80
Ada 2  aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspek kurang sesuai
Kurang (K)
≤ 70
Ada 1  aspek sesuai dengan kriteria, 3 aspek kurang sesuai
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik
( AB)
 90 < AB ≤ 100
1.    Terdapat identitas instrumen :  KD, topik, sub topic dengan lengkap
2.    Terdapat indikator   yang dirumuskan dengan benar
3.    Terdapat tiga bentuk instrument penilaian kompetensi pengetahuan
4.    Seluruh instrument penilaian dibuat sesuai criteria pengembangannya
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Ada 3 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang sesuai
Cukup (C)
70 < C  ≤ 80
Ada 2  aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspek kurang sesuai
Kurang (K)
≤ 70
Ada 1  aspek sesuai dengan kriteria, 3 aspe kurang sesuai
PenilaianKompetensi Keterampilan
PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik
( AB)
 90 < AB ≤ 100
1.       Terdapat identitas instrumen :  KD, topik, sub topic dengan lengkap
2.       Terdapat indikator   yang dirumuskan dengan benar
3.       Terdapat empat bentuk instrument penilaian kompetensi keterampilan
4.       Seluruh instrument penilaian dibuat sesuai criteria pengembangannya
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Ada 3 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang  sesuai
Cukup (C)
70 < C  ≤ 80
Ada 2  aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspek kurang sesuai
Kurang (K)
≤ 70
Ada 1  aspek sesuai dengan kriteria, 3 aspek kurang sesuai


>>>>>>>DOWNLOAD FILENYA DISINI<<<<<<


Tidak ada komentar :

Posting Komentar