|
Tujuan Kegiatan : Melalui kegiatan praktik pelaksanaan
pembelajaran, peserta mampu melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan model pembelajaran yang sesuai.
Langkah
Kegiatan:
A.
Persiapan
Praktik Pembelajaran
1. Dalam kelompok, siapkan perangkat
pembelajaran mulai dari RPP, LKS, dan instrumen penilaian untuk praktik
pelaksanaan pembelajaran!
2. Siapkan pula media, alat atau bahan
praktikum yang diperlukan dalam pembelajaran sesuai dengan RPP!
3. Tentukan guru model yang mewakili
kelompok!
4. Bacalah format pengamatan praktik pelaksanaan pembelajaran untuk memahami setiap aspek yang dinilai pada saat
pembelajaran!
B.
Pelaksanaan Praktik Pembelajaran
Bagi Guru
Model
- Sajikan pembelajaran sesuai rancangan kelompok Anda seperti yang tertuang dalam RPP!
- Kelola waktu dengan baik sehingga semua aspek kegiatan pembelajaran dapat disajikan!
Bagi
Pengamat
- Lengkapi identitas pada format Pengamatan Praktik Pelaksanaan Pembelajaran!
- Amati sajian praktik pembelajaran, berikan tanda centang (√) pada kolom pilihan Ya atau Tidak sesuai penilaian Anda terhadap penyajian pembelajaran!
- Pada kolom catatan, berikan catatan khusus atau saran perbaikan pelaksanaan pembelajaran!
- Berikan nilai menggunakan rumus yang tersedia!
Format Pengamatan Praktik Pelaksanaan Pembelajaran
(Mata Pelajaran Umum SMA)
Nama Peserta:
__________________________________________
Asal Sekolah: ___________________________________________
Mata Pelajaran: .
_________________________________________
Kelas: __________________________________________________
Topik/Subtopik:
__________________________________________
Aspek yang
Diamati
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
Saran Perbaikan
|
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
|||||
Apersepsi dan Motivasi
|
|||||
1
|
Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
|
||||
2
|
Mengaitkan materi
sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari
|
||||
3
|
Menyampaikan manfaat materi
pembelajaranyang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari
|
||||
4
|
Menyampaikan garis besar
cakupan materi
|
||||
Penyampaian kompetensi, rencana kegiatan dan penilaian
|
|||||
1
|
Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
|
||||
2
|
Menyampaikan garis besar
kegiatan yang akan dilakukan
|
||||
3.
|
Menyampaikan lingkup dan
teknik penilaian yang akan digunakan
|
||||
Kegiatan Inti
|
|||||
Penguasaan materi pembelajaran
|
|||||
1
|
Kemampuan
menyesuaikan materi dengan kompetensi dasar
|
||||
2
|
Kemampuan
mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, perkembangan Iptek, dan kehidupan nyata.
|
||||
3
|
Menyajikan
pembahasan materi pembelajaran
dengan tepat.
|
||||
Penerapan strategi
pembelajaran yang mendidik
|
|||||
1
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang
akan dicapai
|
||||
2
|
Menyajikan materi secara sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
|
||||
3
|
Menguasai kelas
|
||||
4
|
Melaksanakan pembelajaran
yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengajukan pertanyaan
|
||||
5
|
Melaksanakan pembelajaran
yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengemukakan pendapat
|
||||
6
|
Melaksanakan
pembelajaran yang mengembangkan keterampilan peserta didik sesuai dengan
materi ajar
|
||||
7
|
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
||||
8
|
Melaksanakan
pembelajaran yang menumbuhkan kebiasaan dan sikap positif (nurturant
effect)
|
||||
9
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
|
||||
Penerapan Pendekatan
Saintifik
|
|||||
1
|
Memfasilitasi dan menyajikan
kegiatan bagi peserta didik untuk mengamati
|
||||
2
|
Memancing peserta didik
untuk bertanya apa, mengapa dan bagaimana
|
||||
3
|
Menfasilitasi dan menyajikan
kegiatan bagi peserta didik untuk mengumpulkan informasi
|
||||
4
|
Memfasilitasi dan menyajikan
kegiatan bagi peserta didik untuk mengasosiasikan data dan informasi yang
dikumpulkan
|
||||
5
|
Menfasilitasi dan menyajikan
kegiatan bagi peserta didik untuk mengkomunikasikan pengetahuan dan
keterampilan yang diperolehnya
|
||||
Pemanfaatan media/sumber
belajar dalam pembelajaran
|
|||||
1
|
Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan media
belajar
|
||||
2
|
Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan sumber
pembelajaran
|
||||
3
|
Melibatkan
peserta didik dalam pemanfaatan media belajar
|
||||
4
|
Melibatkan
peserta didik dalam pemanfaatan sumber pembelajaran
|
||||
5
|
Menghasilkan
pesan yang menarik
|
||||
Pelaksanaan
penilaian
pembelajaran
|
|||||
1
|
Melaksanakan Penilaian Sikap
|
||||
2
|
Melaksanakan Penilaian
Pengetahuan
|
||||
3
|
Melaksanakan Penilaian
Keterampilan
|
||||
Pelibatan peserta didik dalam pembelajaran
|
|||||
1
|
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik
melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar
|
||||
2
|
Merespon positif partisipasipesertadidik
|
||||
3
|
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik
|
||||
4
|
Menumbuhkan
keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar
|
||||
Penggunaan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
|
|||||
1
|
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar
|
||||
2
|
Menggunakan
bahasa tulis yang baik dan benar
|
||||
Kegiatan Penutup
|
|||||
Penutup pembelajaran
|
|||||
1
|
Menfasilitasi
dan membimbing peserta didik merangkum
materi pelajaran
|
||||
2
|
Menfasilitasi
dan membimbing peserta didik untuk
merefleksi proses dan materi pelajaran
|
||||
3
|
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
|
|
|||
4
|
Melakukan
penilaian
|
||||
5
|
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut
|
||||
6
|
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
||||
Jumlah
|
Rubrik Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran
Rubrik
Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran ini
digunakan oleh pengamat untuk menilai kemampuan guru dalam melaksanakan
pembelajaran pada saat praktik pelaksanaan pembelajaran.
Langkah Peniaian:
-
Cermati
format Penilaian
Pelaksanaan Pembelajaran!
-
Berikan
tanda cek (√) pada kolom pilihan YA atau TIDAK sesuai dengan penilaian Anda terhadap penyajian guru pada
saat pelaksanaan pembelajaran!
-
Berikan
catatan khusus atau saran perbaikan
pelaksanaan pembelajaran!
-
Setelah
selesai penilaian, hitung jumlah nilai YA
dan TIDAK !
-
Tentukan Nilai menggunakan rumus sbb:
PERINGKAT
|
NILAI
|
Amat Baik ( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
Baik (B)
|
80 < B ≤ 90
|
Cukup (C)
|
70 < C
≤ 80
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
DOWNLOAD FILENYA DISINI !!
Tidak ada komentar :
Posting Komentar