Kali ini saya memposting contoh format Penyusunan dan Penelaahan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Dibawah ini hanya review, Link download formatnya ada di bawah..
Penyusunan dan Penelaahan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Tujuan
Kegiatan: Melalui diskusi kelompok
peserta mampu menyusun RPP yang
menerapkan pendekatan saintifik sesuai model belajar yang relevan dan menelaah
RPP untuk perbaikan.
Langkah Kegiatan:
- Pelajari prinsip-prinsip penyusunan RPP!
- Siapkan dokumen kurikulum Permedikbud nomor 103 dan nomor 104 tahun 2014, hasil kegiatan Penjabaran KD kedalam Indikator Pencapaian Kompetensi dan Materi Pembelajaran ( LK- 1.4), Analisis Pendekatan Saintifik dalam Model pembelajaran ( LK- 3.2c) dan Perancangan Instrumen Penilaian ( LK- 3.3)!
- Susunlah RPP sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangannya, komponen-sistematika RPP*) dan format RPP**) yang tersedia!
- Setelah selesai, telaah kembali RPP yang disusun menggunakan format telaah RPP untuk kesempurnaan RPP yang kelompok Anda susun!
- Presentasikan hasil kerja kelompok Anda!
- Perbaiki hasil kerja kelompok Anda jika ada masukkan dari kelompok lain!
Catatan:
*) komponen-sistematika
RPP yang ada di dalam modul sesuai dengan Permedikbud nomor 103 tahun 2015.
**) format RPP dikembangkan sesuai sistematika RPP pada
Permendikbud, lay out tidak harus
sama tetapi diharapkan disusun dengan
rapih, sistematis dengan kalimat yang singkat, jelas dan mudah difahami.
Alternatif Format RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.
Kompetensi Inti (KI)
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian
tampak
mata
4. Mencoba mengolah,
dan menyaji, dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri
karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia
untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik
2.3 Memiliki
rasa tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam mengembangkan pola hidup
sehat, kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan peninggalan berharga di
masyarakat
3.4 Membandingkan
landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi.
4.4 Merumuskan
alternatif tindakan nyata dan melaksanakannya sebagai bentuk partisipasi
dalam mengatasi masalah lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi sebagai
akibat adanya dinamika interaksi manusia dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi*)
1.1.1 Bersyukur
pada Tuhan yang telah memberi kesempatan kepada bangsa Indonesia melakukan
modernisasi.
2.3.1. Menjaga kelestarian
warisan budaya bangsa untuk melestarikan jati diri bangsa sebagai wujud
kepedulian terhadap peninggalan berharga dalam masyarakat.
3.4.1 Mengidentifikasi
jati diri bangsa yang terkandung dalam Pancasila
3.4.2 Menganalisis proses pewarisan budaya bangsa yang
berlangsung dalam masyarakat
3.4.3 Menelaah
proses pewarisan budaya sebagai cara mengatasi memudarnya jati diri bangsa
4.4.1
Menyusun laporan berbagai masalah sosial yang
ditimbulkan dari berbagai proses modernisasi di berbagai bidang kehidupan.
D.
Materi Pembelajaran
Materi Reguler
- Pewarisan budaya sebagai cara mengatasi
memudarnya jati diri bangsa
Materi Remedial
- Upaya
mempertahankan pewarisan budaya sebagai cara mengatasi memudarnya jati diri
bangsa di lingkungan sekolah
Materi
Pengayaan
- Proses
pewarisan budaya sebagai cara mengatasi memudarnya jati diri bangsa di
sekitar lingkungan tempat tinggal
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1.Pertemuan ke-1: (2 JP)
1.
Kegiatan Pendahuluan
-
Membuka pelajaran dengan mengucapkan
salam dilanjutkan dengan berdoa
-
Memotivasi dengan cara mengajak
siswa untuk menyanyikan lagu
“ Garuda Pancasila”
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan
Inti :
Mengamati
Siswa mengamati
foto tentang pergeseran nilai-nilai
bangsa yang ditayangkan oleh
guru
Menannya
Setelah
mengamati gambar-gambar tentang perilaku negatif dan positif yang terjadi
dalam masyarakat,
guru mengarahkan peserta didik untuk bertanya tentang hal-hal yang berkaitan
dengan gambar yang telah ditampilkan.
Dengan mengamati gambar, muncul pertanyaan –pertanyaan siswa antara
lain :
1.
Faktor-faktor apa yang menyebabkan
terjadinya perilaku negatif di masyarakat ?
2.
Usaha apa saja yang dapat dilakukan
untuk mencegah perilaku negatif dalam masyarakat ?
Mengumpulkan
Informasi
Guru menyampaikan kepada peserta didik tentang tugas
kelompok membuat makalah dengan tema : Mengedepankan jati diri bangsa dalam
upaya meningkatkan karakter bangsa untuk menuju negara maju yang beradab.
Guru menyampaikan materi essensial serta menjelaskan langkah langkah
pembuatan
tugas proyek , Peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok
Siswa menyusun
jadwal perencanaan proyek yang meliputi (a )membuat timeline untuk
menyelesaikan proyek (b) membuat deadline penyelesaian proyek (c) Penyelesaian proyek dengan
fasilitas dan monitoring guru
Mengasosiasi
Peserta didik
mengolah data dan menganalisis data
atau informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber dan mendiskusikan sampai menjadi makalah
Mengomunikasikan
Peserta didik
mempresentasikan hasil makalahnya di setiap kelompok untuk ditanggapi
kelompok lain sampai menjadi simpulan
3.
Kegiatan
penutup
3.1 Guru dan
peserta didik melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil proyek yang sudah dijalankan
3.2 Guru memberi
tugas siswa untuk membuat tugas proyek di luar jam pelajaran
Pertemuan ke-2
1.Kegiatan
Pendahuluan :
1.1 Membuka
pelajaran dengan mengucapkan salam dilanjutkan dengan berdoa
1.2 Memotivasi
dengan cara mengajak siswa menyanyikan lagu Garuda Pancasila dilanjutkan
tanya jawab tentang makna lagu yang dikaitkan dengan materi Jati diri bangsa
(syair terlampir)
1.3 Menyampaikan
tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti:
2.1 Peserta didik mengamati video tentang pergeseran
nilai-nilai bangsa yang ditayangkan oleh
guru
2.2 Guru menjelaskan
langkah-langkah pembelajaran dan
materi essensial yang akan dibelajarkan
2.3 Peserta didik diminta
mengomentari hasil tayangan video sehingga timbul tanya jawab
2.4 Peserta didik dibagi menjadi 5
kelompok (masing-masing kelompok terdiri dari 6 peserta didik)
2.5 Peserta didik diminta mencari
informasi melalui membaca buku
siswa IPS kelas IX / buku referensi
lain atau browsing internet untuk mengerjakan LKS mengenai perilaku yang
sesuai dengan nilai dalam Pancasila dan merupakan ciri khas bangsa Indonesia
Pembagian tugas kelompok sebagai berikut :
Kelompok I tentang Sila ke-1
Kelompok II tentang Sila ke-2
Kelompok III tentang Sila ke-3
Kelompok IV tentang
Sila ke-4
Kelompok V tentang
Sila ke-5
2.6 Peserta didik mencatat hasil informasi yang diperoleh
sebagai bahan untuk diskusi kelas
2.7
Hasil diskusi diverifikasi kembali dengan anggota kelompok
2.8
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi kelompok lain.
3.Kegiatan Penutup
3.1 Peserta didik menyimpulkan
materi dengan bimbingan guru
3.2
Guru melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran hari ini dan tanya
jawab tentang nilai-nilai yang dapat diteladani
Pertemuan ke-3: (2 JP)
1.
Kegiatan Pendahuluan
1.1 Membuka pelajaran dengan mengucapkan salam
dilanjutkan dengan berdoa
1.2 Memotivasi siswa dengan cara mengajak tanyajawab tentang
proses pewarisan budaya bangsa Indonesia yang salah satunya pemakaian batik di
kalangan masyarakat.
1.3 Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.1 Membagi peserta didik dalam 5 kelompok
yang terdiri dari 6 peserta didik dengan pembagian tugas sebagai berikut:
a. Kelompok 1 membahas tentang peranan keluarga dalam proses pewarisan budaya
b. Kelompok 2 membahas tentang peranan masyarakat dalam proses pewarisan
budaya
c. Kelompok 3 membahas tentang peranan sekolah dalam proses pewarisan budaya
d. Kelompok 4 membahas tentang peranan media massa dalam proses pewarisan budaya
e. Kelompok 5 membahas tentang peranan tokoh masyarakat dalam proses
pewarisan budaya
2.2 Guru mengarahkan peserta didik untuk
bertanya tentang lembaga yang berperan dalam proses pewarisan budaya.
2.3 Peserta didik membaca dan mendiskusikan
wacana yang berkaitan dengan proses pewarisan budaya.
Di dalam
diskusi kelompok, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
saling mengajukan pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari apa
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati ( guru berkeliling memberikan bimbingan kelompok).
2.4 Peserta didik mengumpulkan informasi dari
pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam kartu permasalahan. Pertanyaan (1)
Jelaskan secara singkat peranan lembaga dalam proses pewarisan budaya. (2)
Dampak negatif apa yang ditimbulkan jika peranan lembaga tidak me ndukung?
(3) Budaya apa saja yang dapat diwariskan oleh masing-masing lembaga? (4)
Aktifitas apa saja yang dapat mendukung terjadinya pewarisan budaya di
masing-masing lembaga?
2.5 Masing-masing kelompok mengolah
informasi/ mengasosiasikan tentang peranan lembaga dalam proses pewarisan
budaya dari kegiatan membaca wacana dan menjawab pertanyaan yang ada dari
berbagai sumber.
2.6 Peserta didik mengembangkan dan
menyaajikan hasil karya dengan cara presentasi dan ditanggapi kelompok yang
lain.
2.7 Menganalisa dan mengevaluasi proses
pemecahan masalah.
3.Kegiatan
penutup
3.1 Guru dan
peserta didik melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil presentasi yang sudah
dijalankan
3.2 Guru memberi post tes untuk mengetahui seberapa jauh
pemahaman siswa terhadap materi yang sudah diberikan.
F. Penilaian
1. Jenis / teknik
penilaian : Tes tulis, tes uraian,
dan hasil kinerja peserta didik
2. Bentuk instrument
: Produk diskusi
3. Pedoman
penskoran : lihat lampiran
G. Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/Alat
: wacana
tentang proses pewarisan budaya, gambar-gambar dari internet,
dan laptop.
2.
Sumber Belajar : Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IX
Mengetahui,
Surabaya, Januari 2016
Kepala
SMP Guru Mata Pelajaran
|
FORMAT PENELAAHAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Materi
Pelajaran: ___________________________
Topik/Tema:
_______________________________
Berilah tanda cek ( V) pada kolom skor (1, 2, 3 )
sesuai dengan kriteria yang tertera pada kolom tersebut! Berikan catatan atau saran untuk perbaikan RPP
sesuai penilaian Anda!
No
|
Komponen
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
|
Hasil Penelaahan dan Skor
|
Catatan
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
A.
|
Identitas Mata
Pelajaran
|
Tidak Ada
|
Kurang Lengkap
|
Sudah
Lengkap
|
|
1.
|
Satuan pendidikan,Mata pelajaran/tema,kelas/ semester dan Alokasi waktu.
|
v
|
|||
B.
|
Pemilihan Kompetensi
|
Tidak Ada
|
Kurang Lengkap
|
Sudah
Lengkap
|
|
1.
|
Kompetensi
Inti
|
v
|
|||
2.
|
Kompetensi
Dasar
|
v
|
|||
C.
|
Perumusan Indikator
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan KD.
|
v
|
|||
2.
|
Kesesuaian
penggunaan kata kerja operasional dengan kompetensi yang diukur.
|
v
|
|||
3.
|
Kesesuaian
dengan aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
|
v
|
|||
D.
|
Pemilihan
Materi Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian
dengan KD
|
v
|
|||
2.
|
Kesesuaian
dengan karakteristik peserta didik.
|
v
|
|||
3.
|
Kesesuaian
dengan alokasi waktu.
|
v
|
|||
E.
|
Pemilihan
Sumber Belajar
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian
dengan KI dan KD.
|
v
|
|||
2.
|
Kesesuaian
dengan materi pembelajaran dan pendekatansaintifik.
|
v
|
|||
3.
|
Kesesuaian
dengan karakteristik peserta didik.
|
v
|
|||
F.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Menampilkan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup dengan
jelas.
|
v
|
|||
2.
|
Kesesuaian
kegiatan dengan pendekatan saintifik.
|
v
|
|||
3.
|
Kesesuaian
dengan sintak model pembelajaran yang dipilih
|
v
|
|||
4.
|
Kesesuaian
penyajian dengan sistematika materi.
|
v
|
|||
5.
|
Kesesuaian
alokasi waktu dengan cakupan materi.
|
v
|
|||
G.
|
Penilaian
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian
dengan teknik penilaian autentik.
|
v
|
|||
2.
|
Kesesuaian
dengan instrumen penilaian autentik
|
v
|
|||
3.
|
Kesesuaian
soal dengan dengan indikator
pencapaian kompetensi.
|
v
|
|||
4.
|
Kesesuaian
kunci jawaban dengan soal.
|
v
|
|||
5.
|
Kesesuaian
pedoman penskoran dengan soal.
|
||||
H.
|
Pemilihan Media
Belajar
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan materi pembelajaran
|
v
|
|||
2.
|
Kesesuaian
dengan kegiatan pada
pendekatansaintifik.
|
v
|
|||
3.
|
Kesesuaian
dengan karakteristik peserta didik.
|
v
|
|||
I.
|
Pemilihan Bahan Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan materi pembelajaran
|
v
|
|||
2.
|
Kesesuaian
dengan kegiatan pada
pendekatansaintifik.
|
v
|
|||
J.
|
Pemilihan Sumber Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan materi pembelajaran
|
v
|
|||
2.
|
Kesesuaian dengan
kegiatan pada pendekatansaintifik.
|
v
|
|||
3.
|
Kesesuaian
dengan karakteristik peserta didik.
|
v
|
|||
Jumlah
|
Rubrik Penilaian Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Rubrik penilaian
RPP ini digunakan fasilitator untuk menilai RPP peserta yang telah dikerjakan
secara berkelompok.
Langkah-langkah
penilaian RPP sebagai berikut:
- Cermati format RPP dan telaah RPP yang akan dinilai!
- Periksalah RPP dengan seksama
- Berikan nilai setiap komponen RPP dengan cara membubuhkan tanda cek (√) pada kolom pilihan skor (1 ), (2) dan (3) sesuai dengan penilaian Anda terhadap RPP tersebut!
- Berikan catatan khusus atau saran perbaikan setiap komponen RPP jika diperlukan!
- Setelah selesai penilaian, jumlahkan skor seluruh komponen!
- Tentukan nilai RPP menggunakan rumus sbb:
PERINGKAT
|
NILAI
|
Amat
Baik ( A)
|
90 ≤ A ≤ 100
|
Baik
(B)
|
75 ≤B
< 90
|
Cukup
(C)
|
60 ≤ C
<74
|
Kurang (K)
|
<60
|
DOWNLOAD FILENYA>>>>>>
Tidak ada komentar :
Posting Komentar