Jumat, 09 Desember 2016

PETUNJUK PENYUSUNAN SETIAP KOMPONEN RPP



Berikut contoh penyusunan komponen RPP. selengkapnya bisa di download di bawah.

PETUNJUK PENYUSUNAN SETIAP KOMPONEN RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                   : … (Misal: SMP Negeri 1)
Mata Pelajaran                        : ... (Misal: Prakarya (Pengolahan))
Kelas/Semester                        : … (Misal: VII/Satu)
Materi Pokok                          : ... (Misal: Membuat Minuman Segar)
Alokasi Waktu                        : … (Misal: 3 Pertemuan (6 JP))

A.    Kompetensi Inti

Petunjuk: Tulis keempat KI sesuai jenjang pendidikan.

CONTOH

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
  3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Petunjuk:

1.      Rumuskan 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD.
2.   Indikator merupakan jabaran dari KD.
3.    Indikator pencapaian kompetensi adalah: (a) perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk kompetensi dasar (KD) pada kompetensi inti (KI)-3 dan KI-4; dan (b) perilaku yang dapat diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI-1 dan KI-2.
4.    Indikator KD dari KI-3 mencakup pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan/atau metakognitif sesuai tuntutan/kandungan KD dengan kemampuan kognitif mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan/atau mencipta.

CONTOH

KD
Indikator
KD dari KI-1 (bila ada)
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
KD dari KI-2 (bila ada)
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
KD dari KI-3
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi.
KD dari KI-4
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi.

C.  Tujuan Pembelajaran

Petunjuk:

1.      Rumuskan 1 (satu) atau lebih tujuan pembelajaran untuk setiap indikator pencapaian kompetensi.
2.    Dalam hal indikator pencapaian kompetensi sangat specific dan tidak dapat diuraikan lagi, rumusan tujuan pembelajaran sama dengan indikator pencapaian kompetensi tersebut.
3.  Apabila sebuah indikator pencapaian kompetensi masih dapat dirinci lagi, indikator pencapaian kompetensi tersebut dijabarkan ke dalam lebih dari 1 (satu) tujuan pembelajaran.
4.      Tujuan pembelajaran mengandung unsur: audience (A), behavior (B), condition (C), dan degree (D).
5.      Tujuan pembelajaran dirumuskan untuk masing-masing pertemuan.

CONTOH

Pertemuan pertama

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.      ...
2.      ...
3.      ...
Dst.

Pertemuan kedua

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.      ...
2.      ...
3.      ...
Dst.


Fokus nilai-nilai sikap:

(Tulis satu, dua, atau tiga nilai sikap utama yang hendak secara terencana ditanamkan/ditumbuhkan melalui pembelajaran yang direncanakan melalui RPP ini. Nilai-nilai sikap utama yang dimaksud adalah nilai-nilai sikap sebagaimana terkandung dalam kompetensi inti sikap spiritual dan sikap sosial serta nilai-nilai utama yang diprioritaskan oleh pemerintah dan satuan pendidikan yang bersangkutan. Nilai-nilai yang dijadikan fokus dipilih berdasarkan kesesuaiannya dengan materi/kompetensi yang dibelajarkan dan/atau metode pembelajaran yang diterapkan. Butir nilai sikap dituliskan dalam kata benda).

Contoh: kejujuran, kedisiplinan

D.  Materi Pembelajaran

Petunjuk:

1.    Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi yang dicakup untuk materi pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
2.   Butir-butir materi yang dimaksud harus relevan dengan indikator pencapaian kompetensi yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan/atau metakognitif sesuai tuntutan/kandungan KD

CONTOH

1.      Materi pembelajaran reguler

… (Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi   sebagaimana dicakup oleh KD).

2.      Materi pembelajaran pengayaan

… (Tulis sejumlah butir materi (kompetensi) pengayaan/perluasan/pendalaman dari yang dicakup oleh materi pembelajaran reguler).

3.      Materi pembelajaran remedial

… (Tulis sejumlah butir materi reguler yang diperkirakan sulit dikuasai oleh sebagian/seluruh peserta didik)




Demikian contoh penyusunan komponen RPP. silahkan didownload. link di bawah.
Semoga bermanfaat :D
Download Petunjuk Penyusunan Komponen RPP 

Senin, 05 Desember 2016

Contoh Format Analisis keterkaitan KI dan KD dengan IPK



Analisis keterkaitan  KI dan KD dengan 
 Indikator Pencapaian Kompetensi dan Materi Pembelajaran


Tujuan Kegiatan:    Melalui  diskusi kelompok peserta mampu menjabarkan KI dan KD ke dalam    indikator pencapaian kompetensi dan materi pembelajaran.

Langkah Kegiatan:
1.       Pelajari hand out dan contoh penjabaran KI dan KD ke dalam  IPK dan materi pembelajaran!
2.       Siapkan dokumen kurikulum KI – KD dan silabus!
3.       Isilah lembar kerja  yang tersedia dengan KI dan KD yang bapak/ibu pilih!
4.       Rumuskan indikator pencapaian kompetensi  (IPK) hasil penjabaran  KD tersebut, cantumkan pada kolom yang tersedia!
5.       Tentukan materi/topik pembelajaran  yang sesuai dengan KD dan rumusan indikator!
6.       Setelah selesai, presentasikan hasil diskusi kelompok Anda!
7.       Perbaiki hasil kerja kelompok Anda jika ada masukan dari kelompok lain!


Format Analisis Keterkaitan  KI dan KD dengan IPK dan Materi Pembelajaran

Mata Pelajaran
:
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (I P S)
Kelas
:
 IX (SEMBILAN)
Semester/TH.PEL
:
GENAP /  2015 - 2016

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pembelajaran
Topik/Subtopik
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
1.1 Mensyukuri karunia Tuhan YME yang telah memberikan
kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan
dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik

2.3 Memiliki rasa tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam
mengembangkan pola hidup sehat, kelestarian lingkungan fisik,
budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat

3.4 Membandingkan landasan dari dinamika interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

4.4 Merumuskan alternatif tindakan nyata dan melaksanakannya
sebagai bentuk partisipasi dalam mengatasi masalah lingkungan
alam, sosial, budaya dan ekonomi sebagai akibat adanya
dinamika interaksi manusia dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara.











1.1.1, Bersyukur pada Tuhan yang telah memberi kesempatan kepada
bangsa Indonesia melakukan modernisasi.

2.3.1. Menjaga kelestarian lingkungan alam seiring dengn proses
modernisasi sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan yang telah
menciptakan manusia dan lingkungannya.

3.4.1 Menelaah gejala modernisasi di berbagai lingkungan kehidupan
sebagai hasil interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budya, dan ekonomi.

4.4.1 Menganalisis berbagai masalah sosial yang ditimbulkan dari
berbagai proses modernisasi di berbagai bidang kehidupan.
a. Modernisasi di Bidang Politik

b. Modernisasi di Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

c. Modernisasi di Bidang Ekonomi

d. Modernisasi di Bidang Komunikasi, Informasi, dan Transportasi

e. Modernisasi di Bidang Politik dan Ideologi


f. Modernisasi di Bidang Keagamaan




Rubrik Analisis keterkaitan  KI dan KD dengan Indikator Pencapaian Kompetensi dan Materi Pembelajaran

Rubrik inidigunakan fasilitator untuk menilai hasil  kerja menganalisis keterkaitan KI dan KD dengan  indicator pencapaian kompetensi dan materi pembelajaran sesuai lembar kerja yang tersedia. 

Langkah-langkah penilaian hasil analisis:
1.    Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK -1.4!
2.    Berikan nilai pada hasil analisis sesuai dengan penilaian Anda terhadap  hasil kerja peserta  sesuai rubrik berikut!

PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik ( AB)
 90 < AB ≤ 100
1.       Identitas:  Mata pelajaran, kelas, semester lengkap dan benar
2.       KI dan KD lengkap dan benar
3.       Perumusan indikator sesuai dengan KI dan kD
4.       Identifikasi topik/subtopik tepat
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Ada 4 aspek sesuai dengan kriteria, 0 aspek kurang sesuai
Cukup (C)
 70 < C  ≤ 80
 Ada 3 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang sesuai
Kurang (K)
≤ 70
 Ada 2 aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspekkurangsesuai



Download Filenya