Berikut contoh penyusunan komponen RPP. selengkapnya bisa di download di bawah.
PETUNJUK PENYUSUNAN
SETIAP KOMPONEN RPP
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : … (Misal: SMP Negeri 1)
Mata
Pelajaran : ... (Misal: Prakarya (Pengolahan))
Kelas/Semester :
… (Misal: VII/Satu)
Materi Pokok :
... (Misal: Membuat Minuman Segar)
Alokasi Waktu : … (Misal: 3 Pertemuan
(6 JP))
A.
Kompetensi Inti
Petunjuk: Tulis keempat KI sesuai jenjang
pendidikan.
CONTOH
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
- Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Petunjuk:
1.
Rumuskan 2 (dua) atau
lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD.
2.
Indikator
merupakan jabaran dari KD.
3. Indikator
pencapaian kompetensi adalah: (a) perilaku yang dapat diukur dan/atau
diobservasi untuk kompetensi dasar (KD) pada kompetensi inti (KI)-3 dan KI-4;
dan (b) perilaku yang dapat diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD
pada KI-1 dan KI-2.
4. Indikator KD dari
KI-3 mencakup pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan/atau metakognitif
sesuai tuntutan/kandungan KD dengan kemampuan kognitif mengingat, memahami,
menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan/atau mencipta.
CONTOH
KD
|
Indikator
|
KD dari KI-1 (bila ada)
|
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada
KD-nya).
|
KD dari KI-2 (bila ada)
|
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada
KD-nya).
|
KD dari KI-3
|
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi.
|
KD dari KI-4
|
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Petunjuk:
1.
Rumuskan
1 (satu) atau lebih tujuan pembelajaran untuk setiap indikator pencapaian
kompetensi.
2. Dalam
hal indikator pencapaian kompetensi sangat specific dan tidak dapat diuraikan
lagi, rumusan tujuan pembelajaran sama dengan indikator pencapaian kompetensi
tersebut.
3. Apabila
sebuah indikator pencapaian kompetensi masih dapat dirinci lagi, indikator
pencapaian kompetensi tersebut dijabarkan ke dalam lebih dari 1 (satu) tujuan
pembelajaran.
4.
Tujuan
pembelajaran mengandung unsur: audience (A), behavior (B), condition (C), dan
degree (D).
5.
Tujuan
pembelajaran dirumuskan untuk masing-masing pertemuan.
CONTOH
Pertemuan pertama
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.
...
2.
...
3.
...
Dst.
Pertemuan kedua
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.
...
2.
...
3.
...
Dst.
Fokus nilai-nilai sikap:
(Tulis satu, dua, atau tiga nilai sikap
utama yang hendak secara terencana ditanamkan/ditumbuhkan melalui pembelajaran
yang direncanakan melalui RPP ini. Nilai-nilai sikap utama yang dimaksud adalah
nilai-nilai sikap sebagaimana terkandung dalam kompetensi inti sikap spiritual
dan sikap sosial serta nilai-nilai utama yang diprioritaskan oleh pemerintah
dan satuan pendidikan yang bersangkutan. Nilai-nilai yang dijadikan fokus
dipilih berdasarkan kesesuaiannya dengan materi/kompetensi yang dibelajarkan dan/atau metode pembelajaran
yang diterapkan. Butir nilai sikap dituliskan dalam kata benda).
Contoh: kejujuran, kedisiplinan
D. Materi Pembelajaran
1. Tulis
tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi yang
dicakup untuk materi pembelajaran reguler,
pengayaan, dan remedial.
2. Butir-butir
materi yang dimaksud harus relevan dengan indikator pencapaian kompetensi yang
mencakup pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
dan/atau metakognitif sesuai
tuntutan/kandungan KD
CONTOH
1.
Materi
pembelajaran reguler
… (Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau
butir-butir materi sebagaimana dicakup
oleh KD).
2.
Materi
pembelajaran pengayaan
… (Tulis sejumlah butir materi (kompetensi)
pengayaan/perluasan/pendalaman dari yang dicakup oleh materi pembelajaran
reguler).
3.
Materi
pembelajaran remedial
Demikian contoh penyusunan komponen RPP. silahkan didownload. link di bawah.
Semoga bermanfaat :D
Download Petunjuk Penyusunan Komponen RPP