Analisis keterkaitan KI dan KD dengan
Indikator Pencapaian Kompetensi
dan Materi Pembelajaran
Tujuan Kegiatan: Melalui
diskusi kelompok peserta mampu menjabarkan KI dan KD ke dalam indikator
pencapaian kompetensi dan materi pembelajaran.
Langkah Kegiatan:
1.
Pelajari hand out dan contoh penjabaran KI dan KD
ke dalam IPK dan materi pembelajaran!
2.
Siapkan dokumen
kurikulum KI – KD dan silabus!
3.
Isilah lembar kerja yang tersedia
dengan KI dan KD yang bapak/ibu pilih!
4.
Rumuskan indikator pencapaian kompetensi
(IPK) hasil penjabaran KD
tersebut, cantumkan pada kolom yang tersedia!
5.
Tentukan materi/topik pembelajaran yang sesuai dengan KD dan rumusan indikator!
6.
Setelah selesai, presentasikan hasil diskusi kelompok
Anda!
7.
Perbaiki hasil kerja kelompok Anda
jika ada masukan dari kelompok lain!
Format Analisis Keterkaitan KI dan KD dengan IPK dan Materi Pembelajaran
Mata
Pelajaran
|
:
|
ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL (I P S)
|
Kelas
|
:
|
IX (SEMBILAN)
|
Semester/TH.PEL
|
:
|
GENAP / 2015 - 2016
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
Topik/Subtopik
|
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mensyukuri karunia Tuhan
YME yang telah memberikan
kesempatan kepada bangsa
Indonesia untuk melakukan perubahan
dalam aspek geografis,
ekonomi, budaya, dan politik
2.3 Memiliki rasa tanggung
jawab, peduli, percaya diri dalam
mengembangkan pola hidup
sehat, kelestarian lingkungan fisik,
budaya, dan peninggalan
berharga di masyarakat
3.4 Membandingkan landasan
dari dinamika interaksi manusia
dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi.
4.4 Merumuskan alternatif tindakan nyata dan melaksanakannya
sebagai bentuk partisipasi
dalam mengatasi masalah lingkungan
alam, sosial, budaya dan
ekonomi sebagai akibat adanya
dinamika interaksi manusia
dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara.
|
1.1.1, Bersyukur pada Tuhan yang
telah memberi kesempatan kepada
bangsa Indonesia melakukan
modernisasi.
2.3.1. Menjaga kelestarian
lingkungan alam seiring dengn proses
modernisasi sebagai wujud rasa
syukur pada Tuhan yang telah
menciptakan manusia dan
lingkungannya.
3.4.1 Menelaah gejala
modernisasi di berbagai lingkungan kehidupan
sebagai hasil interaksi
manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budya, dan ekonomi.
4.4.1 Menganalisis berbagai
masalah sosial yang ditimbulkan dari
berbagai proses modernisasi di berbagai bidang kehidupan.
|
a. Modernisasi di Bidang
Politik
b. Modernisasi di Bidang Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi
c. Modernisasi di Bidang Ekonomi
d. Modernisasi di Bidang
Komunikasi, Informasi, dan Transportasi
e. Modernisasi di Bidang
Politik dan Ideologi
f. Modernisasi di Bidang Keagamaan
|
Rubrik Analisis
keterkaitan KI
dan KD
dengan Indikator Pencapaian Kompetensi dan Materi
Pembelajaran
Rubrik inidigunakan fasilitator untuk menilai hasil
kerja menganalisis keterkaitan KI dan KD dengan indicator pencapaian kompetensi
dan materi pembelajaran sesuai lembar
kerja yang tersedia.
Langkah-langkah
penilaian hasil analisis:
1.
Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada
LK -1.4!
2. Berikan nilai pada
hasil analisis sesuai dengan penilaian Anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat Baik ( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
1. Identitas: Mata
pelajaran, kelas, semester lengkap dan benar
2. KI dan KD lengkap dan benar
3. Perumusan indikator sesuai dengan KI dan kD
4. Identifikasi topik/subtopik tepat
|
Baik
(B)
|
80 < B ≤ 90
|
Ada 4 aspek
sesuai dengan kriteria, 0 aspek
kurang sesuai
|
Cukup (C)
|
70 < C
≤ 80
|
Ada 3 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang sesuai
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
Ada 2 aspek sesuai dengan kriteria, 2
aspekkurangsesuai
|
Download Filenya
Tidak ada komentar :
Posting Komentar