Senin, 05 Desember 2016

Contoh Format Analisis keterkaitan KI dan KD dengan IPK



Analisis keterkaitan  KI dan KD dengan 
 Indikator Pencapaian Kompetensi dan Materi Pembelajaran


Tujuan Kegiatan:    Melalui  diskusi kelompok peserta mampu menjabarkan KI dan KD ke dalam    indikator pencapaian kompetensi dan materi pembelajaran.

Langkah Kegiatan:
1.       Pelajari hand out dan contoh penjabaran KI dan KD ke dalam  IPK dan materi pembelajaran!
2.       Siapkan dokumen kurikulum KI – KD dan silabus!
3.       Isilah lembar kerja  yang tersedia dengan KI dan KD yang bapak/ibu pilih!
4.       Rumuskan indikator pencapaian kompetensi  (IPK) hasil penjabaran  KD tersebut, cantumkan pada kolom yang tersedia!
5.       Tentukan materi/topik pembelajaran  yang sesuai dengan KD dan rumusan indikator!
6.       Setelah selesai, presentasikan hasil diskusi kelompok Anda!
7.       Perbaiki hasil kerja kelompok Anda jika ada masukan dari kelompok lain!


Format Analisis Keterkaitan  KI dan KD dengan IPK dan Materi Pembelajaran

Mata Pelajaran
:
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (I P S)
Kelas
:
 IX (SEMBILAN)
Semester/TH.PEL
:
GENAP /  2015 - 2016

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pembelajaran
Topik/Subtopik
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
1.1 Mensyukuri karunia Tuhan YME yang telah memberikan
kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan
dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik

2.3 Memiliki rasa tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam
mengembangkan pola hidup sehat, kelestarian lingkungan fisik,
budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat

3.4 Membandingkan landasan dari dinamika interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

4.4 Merumuskan alternatif tindakan nyata dan melaksanakannya
sebagai bentuk partisipasi dalam mengatasi masalah lingkungan
alam, sosial, budaya dan ekonomi sebagai akibat adanya
dinamika interaksi manusia dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara.











1.1.1, Bersyukur pada Tuhan yang telah memberi kesempatan kepada
bangsa Indonesia melakukan modernisasi.

2.3.1. Menjaga kelestarian lingkungan alam seiring dengn proses
modernisasi sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan yang telah
menciptakan manusia dan lingkungannya.

3.4.1 Menelaah gejala modernisasi di berbagai lingkungan kehidupan
sebagai hasil interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budya, dan ekonomi.

4.4.1 Menganalisis berbagai masalah sosial yang ditimbulkan dari
berbagai proses modernisasi di berbagai bidang kehidupan.
a. Modernisasi di Bidang Politik

b. Modernisasi di Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

c. Modernisasi di Bidang Ekonomi

d. Modernisasi di Bidang Komunikasi, Informasi, dan Transportasi

e. Modernisasi di Bidang Politik dan Ideologi


f. Modernisasi di Bidang Keagamaan




Rubrik Analisis keterkaitan  KI dan KD dengan Indikator Pencapaian Kompetensi dan Materi Pembelajaran

Rubrik inidigunakan fasilitator untuk menilai hasil  kerja menganalisis keterkaitan KI dan KD dengan  indicator pencapaian kompetensi dan materi pembelajaran sesuai lembar kerja yang tersedia. 

Langkah-langkah penilaian hasil analisis:
1.    Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK -1.4!
2.    Berikan nilai pada hasil analisis sesuai dengan penilaian Anda terhadap  hasil kerja peserta  sesuai rubrik berikut!

PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik ( AB)
 90 < AB ≤ 100
1.       Identitas:  Mata pelajaran, kelas, semester lengkap dan benar
2.       KI dan KD lengkap dan benar
3.       Perumusan indikator sesuai dengan KI dan kD
4.       Identifikasi topik/subtopik tepat
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Ada 4 aspek sesuai dengan kriteria, 0 aspek kurang sesuai
Cukup (C)
 70 < C  ≤ 80
 Ada 3 aspek sesuai dengan kriteria, 1 aspek kurang sesuai
Kurang (K)
≤ 70
 Ada 2 aspek sesuai dengan kriteria, 2 aspekkurangsesuai



Download Filenya

Tidak ada komentar :

Posting Komentar