Pelaporan Hasil Belajar
Tujuan Kegiatan: Melalui diskusi kelompok peserta mampu mengolah hasil
penilaian proses dan hasil belajar dan
membuat laporan pencapaian kompetensi peserta didik.
Langkah
Kegiatan:
1) Pelajari contoh pelaporan pencapaian kompetensi pada
modul pelatihan dan format pengolahan hasil penilaian proses dan hasil belajar!
2) Siapkan dokumen
Permendikbud nomor 104 tahun 2015 dan Naskah
Pedoman Penilaian dari Direktorat Pembinaan SMA!
3) Rancanglah
pengolahan nilai sikap, pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan
contoh yang tersedia dengan cara:
-
membuat data nilai sikap, pengetahuan dan
keterampilan seorang siswa
-
mengolah data nilai tersebut sampai menjadi nilai
untuk rapor
-
cantumkan nilai pada format capaian kompetensi
-
buatlah deskripsi untuk masing-masing capaian
kompetensi siswa tersebut
4)
Presentasikan
hasil rancangan kelompok
Anda!
5)
Perbaiki hasil kerja kelompok Anda jika
ada masukan dari kelompok lain!
A. Pengolahan Capaian Kompetensi
1. Capaian Kompetensi Pengetahuan
Mata
Pelajaran :I P S
Kelas/Semester
:IX / GENAP
No
|
Nama Peserta Didik
|
Nilai Harian
|
R NH
|
N TS
|
N AS
|
NA
|
LCK( rapor)
|
||||
KD 1
|
KD .2
|
KD 3
|
dst…
|
Angka
|
Predikat
|
||||||
1
|
.Wulan....
|
3,0....
|
..3,1...
|
2,9...
|
…
|
..3,0..
|
..3,3...
|
2,9....
|
3,1....
|
…3,1..
|
.B....
|
2
|
.D any...
|
3,2
|
3,4
|
3,0
|
3,2
|
3,5
|
3,2
|
3,3
|
3,3
|
B+
|
- Capaian Kompetensi Keterampilan
Mata Pelajaran :_I P S
Kelas/Semester : IX / GENAP
No
|
Nama PesertaDidik
|
Nilai Keterampilan
|
NA
|
LCK ( rapor)
|
||||||
Praktik
|
Proyek
|
Portofolio
|
Angka
|
Predikat
|
||||||
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
|||||
1
|
Wulan
|
3,2....
|
.....
|
3,0...
|
…
|
..3,4..
|
.....
|
3,2....
|
.3,2...
|
...B..
|
2
|
.Dany....
|
3,5
|
3,3
|
3,4
|
3,4
|
3,4
|
B+
|
3. Capaian Kompetensi Sikap
Mata Pelajaran :_I P S
Kelas/Semester :_IX /_GENAP
No
|
Nama Peserta Didik
|
Hasil Observasi Sikap
|
Profil Sikap Secara Umum hasil Observasi
|
Sikap Berdasarkan
|
LCK( rapor) Sikap Spriritualdan Sikap
Sosial
|
|||||
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Teliti
|
.Jujur
|
Penilaian Diri
|
Penilaianantar Peserta Didik
|
Jurnal
|
||||
1
|
Wulan
|
.3,4
|
3,3
|
3,3
|
3,3
|
3,5
|
..3,3...
|
.3,3...
|
.3,2...
|
..3,3...
|
2
|
.Dany.....
|
3,2
|
3,4
|
3,2
|
3,2
|
3,3
|
3,3
|
3,2
|
3,4
|
3,3
|
- Pengisian Rapor
1.
Pengisian Capaian
No
|
Mata Pelajaran
|
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap Sosial dan Spiritual
|
|||
Nilai
|
Huruf
|
Nilai
|
Huruf
|
Dalam Mapel
|
Antar Mapel
|
||
Kelompok C (Peminatan)
|
|||||||
1.
|
PJOK
|
3,5
|
B+
|
3,7
|
A-
|
3,6
|
3,5
3,6
|
2
|
S B K
|
3,6
|
A-
|
3,7
|
A-
|
3,7
|
2. Pengisiian
Deskripsi
No.
|
Mata Pelajaran
|
Kompetensi
|
Catatan
|
Kelompok C (Peminatan)
|
|||
I. Peminatan (Diisi sesuai dengan
minat siswa)
|
|||
1.
|
.....PJOK
|
Sikap sosial dan spiritual
|
.Siswa sangat memahami
kekompakkan dalam O.R
|
Pengetahuan
|
Siswa sangat antusias pentingnya berolah raga demi kesehatan
|
||
Keterampilan
|
Siswa sangat terampil dalam setiap kali
ada pertandingan atau kompetisi.
|
|
Rubrik pengolahan hasil belajardigunakan fasilitator untuk menilai
hasil rancangan peserta pelatihan dalam pengolahan capaian kompetensi untuk nilairapor dan pengisian rapor.
Langkah-langkah penilaian hasil
analisis:
1.
Cermati tugas
yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK -3.5!
2.
Berikan
nilai pada rancangan pengolahan capaian kompetensi sikap,
pengetahuan dan keterampilan dan
pengisian rapor sesuai dengan penilaian
Anda terhadap hasil rancangan
yang dibuat peserta pelatihan!
PERINGKAT
|
NILAI
|
KRITERIA
|
Amat Baik (AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
Hasil rancangan pengolahan capaian kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan tepat, deskripsi capaian kompetensi tiga macam penilaian
sesuai dengan data nilai
|
Baik (B)
|
80 < B ≤ 90
|
Hasil rancangan pengolahan capaian kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan tepat, dua deskripsi capaian kompetensi
sesuai dengan data nilai
|
Cukup (C)
|
70 < C ≤ 80
|
Hasil rancangan pengolahan dua macam capaian kompetensi tepat, dua deskripsi capaian kompetensi sesuai dengan data nilai
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
Hasil rancangan pengolahan dua macam capaian kompetensi tepat ,satu deskripsi capaian kompetensi sesuai dengan data nilai
|
DOWNLOAD DISINI FILE-NYA !!
Tidak ada komentar :
Posting Komentar