Senin, 28 November 2016

Contoh Format Laporan & Rubrik Hasil Belajar

Ini Gan Contoh Format Laporan & Rubrik Hasil Belajar, ini yang ane buat contoh adalah mata pelajaran IPS kelas IX, dibawah ini review-nya.. kalo linknya ada dibawah sendiri gan :D


Text Box: LK- 3.5Pelaporan Hasil Belajar

Tujuan Kegiatan:             Melalui  diskusi kelompok peserta mampu mengolah hasil penilaian proses dan hasil belajar dan membuat laporan pencapaian kompetensi peserta didik. 
Langkah Kegiatan:
1)     Pelajari contoh pelaporan pencapaian kompetensi pada modul pelatihan  dan format pengolahan hasil penilaian proses dan hasil belajar!
2)     Siapkan dokumen Permendikbud nomor 104 tahun 2015 dan  Naskah Pedoman Penilaian dari Direktorat Pembinaan SMA!
3)     Rancanglah  pengolahan nilai sikap, pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan contoh yang tersedia dengan cara:
-          membuat data nilai sikap, pengetahuan dan keterampilan  seorang siswa
-          mengolah data nilai tersebut sampai menjadi nilai untuk rapor
-          cantumkan nilai pada format capaian kompetensi
-          buatlah deskripsi untuk masing-masing capaian kompetensi siswa tersebut
4)      Presentasikan hasil rancangan kelompok Anda!  
5)       Perbaiki hasil kerja kelompok Anda jika ada masukan dari kelompok lain!

Format Rancangan Pelaporan Hasil Belajar
A.     Pengolahan Capaian Kompetensi
1.       Capaian Kompetensi Pengetahuan
Mata Pelajaran  :I P S
Kelas/Semester :IX / GENAP

No
Nama Peserta Didik
Nilai Harian

R NH

N TS

N AS

NA
LCK( rapor)
KD 1
KD .2
KD 3
dst…
Angka
Predikat
1
.Wulan....
3,0....
..3,1...
2,9...
..3,0..
..3,3...
2,9....
3,1....
3,1..
.B....
2
.D any...
3,2
3,4
3,0

3,2
3,5
3,2
3,3
3,3
B+

  1. Capaian Kompetensi Keterampilan
Mata Pelajaran  :_I P S
Kelas/Semester :  IX / GENAP
No
Nama PesertaDidik
Nilai Keterampilan

NA
LCK ( rapor)
Praktik
Proyek
Portofolio
Angka
Predikat
1
2
1
2
1
2
1
Wulan   
3,2....
.....
3,0...
..3,4..
.....
3,2....
.3,2...
...B..
2
.Dany....
3,5

3,3

3,4

3,4
3,4
B+

3. Capaian Kompetensi Sikap
Mata Pelajaran  :_I P S
Kelas/Semester :_IX /_GENAP
No
Nama Peserta Didik
Hasil Observasi Sikap
Profil Sikap Secara Umum hasil Observasi
Sikap Berdasarkan
LCK( rapor) Sikap Spriritualdan Sikap Sosial
Disiplin
Tanggung Jawab
Teliti

.Jujur
Penilaian Diri
Penilaianantar Peserta Didik
Jurnal
1
Wulan

.3,4
3,3
3,3
3,3
3,5
..3,3...
.3,3...
.3,2...
..3,3...
2
.Dany.....
3,2
       3,4
3,2
3,2
3,3
3,3
3,2
3,4
3,3


  1. Pengisian Rapor
1.       Pengisian Capaian
No
Mata Pelajaran
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap Sosial dan Spiritual
Nilai
Huruf
Nilai
Huruf
Dalam Mapel
Antar Mapel
Kelompok C (Peminatan)
1.
PJOK
3,5
B+
3,7
A-
3,6
3,5
3,6
2
S B K
3,6
A-
3,7
A-
3,7

2.       Pengisiian Deskripsi
No.
Mata Pelajaran
Kompetensi
Catatan
Kelompok C (Peminatan)
I. Peminatan (Diisi sesuai dengan minat siswa)
1.
.....PJOK
Sikap sosial dan spiritual

.Siswa sangat memahami kekompakkan dalam O.R
Pengetahuan


Siswa sangat antusias pentingnya  berolah raga demi kesehatan

Keterampilan


Siswa sangat terampil dalam setiap kali ada pertandingan atau  kompetisi.
  

R-3.5
 
Rubrik Pengolahan Hasil Belajar

Rubrik  pengolahan hasil belajardigunakan fasilitator untuk menilai hasil rancangan peserta pelatihan dalam pengolahan capaian kompetensi untuk nilairapor dan pengisian rapor.
Langkah-langkah penilaian hasil analisis:
1.    Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK -3.5!
2.    Berikan nilai pada rancangan pengolahan capaian  kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan dan pengisian rapor  sesuai dengan penilaian Anda terhadap  hasil rancangan yang dibuat peserta pelatihan!

PERINGKAT
NILAI
KRITERIA
Amat Baik (AB)
90 < AB ≤ 100
Hasil rancangan pengolahan capaian kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan tepat,  deskripsi capaian kompetensi tiga macam penilaian sesuai dengan data nilai
Baik  (B)
80 < B ≤ 90
Hasil rancangan pengolahan capaian kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan tepat, dua deskripsi capaian kompetensi sesuai dengan data nilai
Cukup (C)
70 < C  ≤ 80
Hasil rancangan pengolahan dua macam capaian kompetensi tepat, dua deskripsi capaian kompetensi sesuai dengan data nilai
Kurang (K)
≤ 70
Hasil rancangan pengolahan dua macam capaian kompetensi tepat ,satu deskripsi capaian kompetensi sesuai dengan data nilai


DOWNLOAD DISINI FILE-NYA !!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar